Senin, 08 Januari 2018

perbandingan tiket kereta api online dan offline



TUGAS UTS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“SEJARAH TIKET KERETA API ONLINE”


DISUSUN OLEH :
BINNAR ANGGI PRANATA
14220084




FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERDEKA MALANG
2017/2018




1. SEJARAH TIKET KERETA API ONLINE
PT Kereta Api Indonesia (PT. KAI Persero) memberikan kemudahan bagi pengguna jasa kereta api. Kemudahan ini berupa layanan pembelian tiket KA secara online payment yang digunakan pada gerai anjungan tunai mandiri (ATM) Bank yang tergabung dalam ATM Bersama dan ATM Bank lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.
Rabu, 26 Januari 2011, PT. KAI dan PT Arta Jasa menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang pembelian tiket melalui sistem jaringan online, di Gedung Jakarta Railway Center (JRC). Nota kesepahaman ini ditantandatangani oleh Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito dan Direktur PT. Arta Jasa, Arya Damar.
Selain melalui stasiun, agen tiket, pusat reservasi, layanan online payment ini merupakan alternatif tambahan pilihan calon penumpang untuk mendapatkan dan membayar tiket KA. Sehingga pengguna jasa KA dapat memanfaatkan layanan ini kapan dan dimana saja.
 PT. KAI akan terus mengembangkan pelayanan yang mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan. “Dari pelayanan online ticketing ini, selain memberikan kemudahan kepada pelanggan kami, juga diharapkan dapat mengurangi praktek percaloan tiket KA. Kerjasama ini sebagai bukti bahwa PT. KAI ingin terus berkembang menjadi penyedia jasa angkutan massal perkeretaapian yang berbasis teknologi informasi mengikuti kebutuhan konsumen.

2. Cara Mendapatkan Tiket/Reservasi Online Payment
a.    Penjualan atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di situs web resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
b.    Setelah itu calon penumpang diminta untuk mengisi tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, jumlah penumpang yang dipesan.
c.    Lalu klik Tampilkan. Maka akan muncul tampilan daftar kereta api, harga bangku penumpang, jam keberangkatan dan ketersediaan bangku penumpang.
d.    Pilih kereta yang anda inginkan lalu klik Booking.
e.    Reservasi dapat dilakukan 2x24 jam sebelum keberangkatan kereta.
f.     Karena situs tersebut dapat diakses oleh banyak orang, maka ketersediaan beserta harga dapat berubah suatu waktu.
g.    Bila anda sudah yakin ingin memesan tiket perjalanan kereta api tersebut maka klik pada button tersebut, lalu klik Lanjutkan.
h.    Setelah itu calon penumpang diminta untuk mengisi data berupa nama, no identitas, email, dan nomer telepon.
i.      Untuk saat ini bank yang dapat melayani adalah ATM Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN, BRI Syariah.
j.      Pembayaran juga dapat dilakukan di Indomaret dan Alfamart.
k.    Pembayaran dilakukan maksimal 30 menit setelah mendapatkan kode booking.
l.      Resi pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online dengan membawa KTP asli dan fotocopy.
m.   Pemesanan tiket dianggap batal jika pembayaran tidak dilakukan dalam periode 30 menit tersebut.
n.    Calon penumpang akan dikenakan extra charge sebesar Rp 7500,- (saat transaksi pembayaran).

3. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
-Kelebihan
a.    Memudahkan pembelian tanpa perlu berdesak-desakan di loket pembayaran
b.    Dapat mengurangi calo
c.    Lebih fleksibel dan efisien.
d.    Mengurangi resiko kehabisan tiket.

-Kekurangan
a.    Banyak masyarakat yang belum mengetahui cara-cara pemesanan melalui online.
b.    Fasilitas online ini hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang yang memiliki kartu atm dan bisa menggunakannya.
c.    Belum memasyarakat, masyarakat dikalangan menengah kebawah sebagian besar tidak tahu & tidak bisa menggunakan system berbasis online.
d.    Rawan penipuan dengan banyaknya situs-situs yang tidak resmi.
cara pemesanya rumit untuk sebagian masyarakat

4. Perbedaan Tiket Kereta Api Online Dan Manual
-Online:
a.    Tidak perlu mengantri untuk membeli tiket kereta api.
b.    Tidak perlu jauh jauh lagi untuk mengecek jadwal keberangkatan kereta.
c.    Pembayaran dan pemesanan dapat dilakukan dimana saja selama masih ada akses internet
-Ofline
a.    Tiket lebih murah
b.    Bisa memilih tempat duduk
c.    Keamanan transaksi lebih terjamin
d.    Mendapatkan jadwal yang lebih pasti dari petugas kai
e.    Tidak perlu ribet input data ini itu
f.     Tiket langsung bisa dibawa pulang

5. Kekurangan Tiket Kereta Api Online Menurut Dosen Feb Unmer Malang

Dosen : pak agus syamsul hidayat
Kekurangan tiket kereta api online menurut dia adalah :
a.    Ribet karena harus banyak menginput data pribadi
b.    Jumlah tiket online yang tersedia terbatas
c.    Harga yang ditawarkan lebih mahal karena melalui pihak ketiga
d.    Tidak bisa memilih bangku kereta sesuai dengan yang diinginkan
e.    Susah dimengerti untuk sebagian orang yang sudah lanjut usia

Staff : ngarip abidin
Kekurangan tiket kereta api online menurut pak ngarip
a.     Ribet input data ini itu
b.     Tidak bisa bebas pilih tempat duduk
c.      Cara pemesanya susah
d.     Banyak modus penipuan
e.     Harus memiliki nomor rekening untuk memesan

0 komentar:

Posting Komentar