TUGAS
UTS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“SEJARAH
TIKET KERETA API ONLINE”
DISUSUN
OLEH :
BINNAR
ANGGI PRANATA
14220084
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
MERDEKA MALANG
2017/2018
1. SEJARAH
TIKET KERETA API ONLINE
PT Kereta Api Indonesia (PT. KAI Persero) memberikan
kemudahan bagi pengguna jasa kereta api. Kemudahan ini berupa layanan pembelian
tiket KA secara online payment yang digunakan pada gerai anjungan tunai mandiri
(ATM) Bank yang tergabung dalam ATM Bersama dan ATM Bank lainnya yang tersebar
di seluruh Indonesia.
Rabu, 26 Januari 2011, PT. KAI dan PT Arta Jasa
menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang pembelian tiket
melalui sistem jaringan online, di Gedung Jakarta Railway Center (JRC). Nota
kesepahaman ini ditantandatangani oleh Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo
Wimbo Hardjito dan Direktur PT. Arta Jasa, Arya Damar.
Selain melalui stasiun, agen tiket, pusat reservasi,
layanan online payment ini merupakan alternatif tambahan pilihan calon
penumpang untuk mendapatkan dan membayar tiket KA. Sehingga pengguna jasa KA
dapat memanfaatkan layanan ini kapan dan dimana saja.
PT. KAI akan terus
mengembangkan pelayanan yang mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan
dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan. “Dari pelayanan online
ticketing ini, selain memberikan kemudahan kepada pelanggan kami, juga
diharapkan dapat mengurangi praktek percaloan tiket KA. Kerjasama ini sebagai
bukti bahwa PT. KAI ingin terus berkembang menjadi penyedia jasa angkutan
massal perkeretaapian yang berbasis teknologi informasi mengikuti kebutuhan
konsumen.
2. Cara
Mendapatkan Tiket/Reservasi Online Payment
a. Penjualan
atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di situs web resmi PT. Kereta Api
Indonesia (Persero).
b. Setelah
itu calon penumpang diminta untuk mengisi tanggal keberangkatan, stasiun asal,
stasiun tujuan, jumlah penumpang yang dipesan.
c. Lalu
klik Tampilkan. Maka akan muncul tampilan daftar kereta api, harga bangku
penumpang, jam keberangkatan dan ketersediaan bangku penumpang.
d. Pilih
kereta yang anda inginkan lalu klik Booking.
e. Reservasi
dapat dilakukan 2x24 jam sebelum keberangkatan kereta.
f. Karena
situs tersebut dapat diakses oleh banyak orang, maka ketersediaan beserta harga
dapat berubah suatu waktu.
g. Bila
anda sudah yakin ingin memesan tiket perjalanan kereta api tersebut maka klik
pada button tersebut, lalu klik Lanjutkan.
h. Setelah
itu calon penumpang diminta untuk mengisi data berupa nama, no identitas,
email, dan nomer telepon.
i. Untuk
saat ini bank yang dapat melayani adalah ATM Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN, BRI
Syariah.
j. Pembayaran
juga dapat dilakukan di Indomaret dan Alfamart.
k. Pembayaran
dilakukan maksimal 30 menit setelah mendapatkan kode booking.
l. Resi
pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah
online dengan membawa KTP asli dan fotocopy.
m. Pemesanan
tiket dianggap batal jika pembayaran tidak dilakukan dalam periode 30 menit
tersebut.
n. Calon
penumpang akan dikenakan extra charge sebesar Rp 7500,- (saat transaksi
pembayaran).
3. KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN
-Kelebihan
a. Memudahkan
pembelian tanpa perlu berdesak-desakan di loket pembayaran
b. Dapat
mengurangi calo
c. Lebih
fleksibel dan efisien.
d. Mengurangi
resiko kehabisan tiket.
-Kekurangan
a. Banyak
masyarakat yang belum mengetahui cara-cara pemesanan melalui online.
b. Fasilitas
online ini hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang yang memiliki kartu atm dan
bisa menggunakannya.
c. Belum
memasyarakat, masyarakat dikalangan menengah kebawah sebagian besar tidak tahu
& tidak bisa menggunakan system berbasis online.
d. Rawan
penipuan dengan banyaknya situs-situs yang tidak resmi.
cara
pemesanya rumit untuk sebagian masyarakat
4. Perbedaan
Tiket Kereta Api Online Dan Manual
-Online:
a. Tidak
perlu mengantri untuk membeli tiket kereta api.
b. Tidak
perlu jauh jauh lagi untuk mengecek jadwal keberangkatan kereta.
c. Pembayaran
dan pemesanan dapat dilakukan dimana saja selama masih ada akses internet
-Ofline
a. Tiket
lebih murah
b. Bisa
memilih tempat duduk
c. Keamanan
transaksi lebih terjamin
d. Mendapatkan
jadwal yang lebih pasti dari petugas kai
e. Tidak
perlu ribet input data ini itu
f. Tiket
langsung bisa dibawa pulang
5.
Kekurangan Tiket Kereta Api Online Menurut Dosen Feb Unmer Malang
Dosen : pak agus syamsul hidayat
Kekurangan tiket kereta api online menurut dia adalah :
a. Ribet
karena harus banyak menginput data pribadi
b. Jumlah
tiket online yang tersedia terbatas
c. Harga
yang ditawarkan lebih mahal karena melalui pihak ketiga
d. Tidak
bisa memilih bangku kereta sesuai dengan yang diinginkan
e. Susah
dimengerti untuk sebagian orang yang sudah lanjut usia
Staff : ngarip abidin
Kekurangan tiket kereta api online menurut pak ngarip
a. Ribet
input data ini itu
b. Tidak
bisa bebas pilih tempat duduk
c. Cara
pemesanya susah
d. Banyak
modus penipuan
e. Harus
memiliki nomor rekening untuk memesan
0 komentar:
Posting Komentar