Senin, 15 Januari 2018

siakad unmer malang


SIAKAD UNIVERSITAS MERDEKA MALANG




Disusun oleh :

RISKY MUHAMMAD SYAIFUDDIN (14220085)

Program Studi : Manajemen





UNIVERSITAS MERDEKA MALANG

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

2017/2018




A.  Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) 

     Pengertian Sistem Informasi Akademik Sistem menurut Kristanto dalam Wibowo adalah jaringan kerja dari prosedur–prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama–sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Sementara itu Sutanto dalam Wibowo Tahun 2001 menjelaskan bahwa Sistem dapat didefinisikan sebagai sekumpulan hal atau kegiatan atau elemen atau subsisten yang saling bekerja sama atau yang di hubungkan dengan cara–cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan.

             Sistem adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya antara yang satu dengan yang lainnya, yang memiliki fungsi untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap sistem terdiri dari berbagai unsur, unsur–unsur tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem yang terkait. Unsur-unsur di dalam sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem dan merupakan bagian dari sistem yang lain yang lebih besar.Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini memberikan gambaran suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti tempat, barang, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi. Sedangkan definsi lain menjelaskan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

            Dari pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa sistem adalah suatu kelompok jaringan kerja dari unsur- unsur dan prosedur-prosedur sistem yang bersangkutan yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya karena saling berhubungan untuk melakukan suatu pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan.Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Sistem pengolahan informasi akan mengelolah data menjadi informasi atau mengelola data dari bentuk tidak berguna menjadi yang berguna bagi menerimanya.

 Informasi merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanaya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang . Informasi adalah rangkaian data yang mempunyai sifat sementara, tergantung dengan waktu, mampu memberi kejutan atau surprise pada yang menerimanya.

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa informasi adalah sekumpulan data yang telah diolah sehingga menjadi suatu bentuk yang sangat berguna bagi penerimanya. Akademik adalah semua yang berkaitan dengan pendidikan dan pengembangannya yang bersifat ilmiah, akademik bisa berupa ilmu pengetahuan  yang dipelajari dalam suatu instansi pendidikan. Akademik adalah pendidikan atau proses belajar mengajar. Febry Imam Munandar dalam Khaerur Rizal menjelaskan bahwa akademik itu sendiri jika dilihat dari latar belakang terminologis adalah sebuah keadaan dimana orang-orang bisa menyampaikan dan menerima gagasan, pemikiran, atau ilmu pengetahuan sekaligus melakukan pengujian terhadapnya secara jujur, terbuka, dan leluasa. Sistem Informasi Akademik adalah sistem komputerisasi atau teknik pemanfaatan komputer sebagai alat bantu proses yang bertujuan untuk mengolah dan menangani data-data akademik.

Sistem Informasi Akademik adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer baik ‘hardware’ maupun ‘software’,  ‘hardware’ (perangkat keras). Hardware adalah peralatan-peralatan seperti komputer (PC maupun Laptop), Printer, CD ROM, HardDisk, Hand phone dan sebagainya. Sedang ‘Software’ (perangkat lunak) merupakan program komputer yang memfungsikan ‘hardware’ tersebut, sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan perguruan tinggi dan pengambilan keputusan-keputusan bagi pengambil keputusan atau top manajemen di lingkungan perguruan tinggi.

B.     Tujuan dan Manfaat Sistem Informasi Akademik Adapun tujuan dan manfaat yang dapat diambil dari penerapan sistem informasi akademik adalah

1.              Pengajuan KRSPengajuan KRS (KRS Online) merupakan tempat yang dipergunakan bagi mahasiswa untuk melakukan entry mata kuliah/pengambilan mata kuliah pada tiap semester. Setiap mahasiswa baru dapat menggunakan fasilitas ini setelah memenuhi semua persyaratan untuk pengajuan KRS, antara lain telah membayar SPP, PRKS, internet, perpustakaan dsb. Pengajuan KRS ini aktif pada waktu tertentu yaitu pada waktu KRS awal semester/semester sisipan.

2.                 Dibentuknya Siakad tujuannya adalah untuk meningkatkan informasi akademik tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga sangat penting untuk dosen, dengan adanya Siakad dosen bisa tahu persis terutama mengenai jadwal mengajar dan juga mengetahui lebih jauh mengenai mahasiswa, yaitu dengan komunikasi secara langsung dengan mengeluarkan Hot Massages untuk memberikan pengumuman kepada mahasiswa.

3.                 Selain itu dengan adanya Siakad bisa mengcover mengenai presensi dosen dan apabila dosen mempunyai kinerja buruk maka akan muncul dalam Hot massages tentang keluhan mahasiswa terhadap kinerja dosen yang tidak pernah mengajar.

4.                 Kemudian dengan adanya Siakad membantu ploting mata kuliah, dengan jadwal tersebut untuk hari dan jamnya menjadi lebih pasti dan pengambilan mata kuliah oleh mahasiswa yang bisa langsung diakses, dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa langsung memilih kelas A atau kelas yang lainnya.

5.                 Keuntungan dengan adanya Siakad banyak yang dirasakan antara lain untuk melihat data yang diminta khususnya data akademik cepat sekali, untuk mahasiswa sendiri menjadi lebih cepat karena dihubungkan dengan internet, efisien karena tidak perlu datang ke kampus tetapi cukup dilakukan dirumah ataupun melalui internet dimanapun mereka berada kecuali mereka mempunyai masalah yang harus diselesaikan dikampus

6.                 Keuntungan yang lain bahwa nilai langsung bisa di Online, artinya mahasiswa dapat melihat secara Online melalui komputer nilai yang dimilikinya, kemudian mahasiswa setiap saat bisa melihat perkembangan IP dan IPK nya dan mahasiswa juga dapat melihat mata kuliah apa yang dapat diambil selanjutnya, salah satunya jatah KRS semester depan sudah tahu tanpa harus konsultasi terlebih dahulu ke dosen wali.

C.   Berikut ini system informasi manajeman universitas merdeka malang ;

Description: C:\Users\axioo\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\Screenshot_2017-11-08-18-53-04-1.pngDescription: C:\Users\axioo\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\Screenshot_2017-11-08-18-52-31-1.png

v Kelebihan Sistem Informasi Akademik Kelebihan yang dimiliki oleh Sistem Informasi Akademik adiantaranya:

a)                 Gratis dan minim investasi/modal. Layanan Siakad Online khusus yang terpasang lokal di kampus untuk mengoperasikan beragam layanan tersebut, SIAKAD Online menerapkan sistem satu login multi layanan

b)                Aplikasinya nyaman dan sesuai kebutuhan setiap pengguna. Untuk kenyamanan anda mengakses cukup mengingat satu nama pengguna (username) dan kata kunci (password) untuk mengakses layanan-layanan yang disediakan.

c)                 Skalabilitas tinggi, aman, handal, mudah dan cepat di implementasikan. Anda tidak perlu mengalami kerumitan pengalaman terhadap pengelolaan sistem sendiri, semua hal terkait dengan pengorganisasian, pengembangan dan pemeliharaan sistem dibelakang (backend) layanan SIAKAD Online merupakan tanggung jawab SAPUA sebagai penyedia layanan. Skalabilitas dan keamanan data pada layanan SIAKAD Online akan selalu terjaga, tidak membatasi jumlah data dan pengguna selama kampus menjadi pelanggan SIAKAD Online. Data Anda akan selalu disimpan dan di cadangkan (backup) di data center.

d)                Satu login pengguna untuk akses seluruh layanan yang tersedia.Seluruh proses otentifikasi, otorisasi dan identifikasi para pengguna (user) pada sistem SIAKAD Online dirancang sedemikian rupa untuk mendukung upaya satu login multi layanan dengan kerangka kerjasingle sign on system. Pengaturan hak akses setiap individu pengguna dapat dilakukan secara mandiri oleh admin kampus yang telah terdaftar SIAKAD Online.

e)                 Fleksibel dan up to datemengikuti perkembangan aturan pendidikan di Indonesia. Pengembangan sistem akan selalu dijaga up to date, tidak hanya terbatas pada aplikasi perangkat lunak atau sistem dibelakang (backend). Anda tidak perlu khawatir memodifikasi sistem atau aplikasi di SIAKAD Online jika diperlukan untuk menyesuaikan dengan aturan-aturan pendidikan yang di berlakukan secara nasional.



v Kekurangan Sistem Informasi Akademik Kekurangan-kekurangannya ialah:



a)                 Memerlukan Fasilitas Internet yang cepat Karena SIAKAD Online ialah layanan berbasis internet (web), maka setiap kampus harus memiliki beberapa tempat yang memiliki jaringan internet / hotspot area agar para mahasiswa atau dosen dapat melihat dan mengetahui informasi-informasi seputar perkuliahan secara cepat dan real time.

b)                Banyak item-item/forum layanan yang tidak bisa digunakan alias tidak berfungsi, Terdapat beberapa layanan SIAKAD Online yang tidak dapat berfungsi seperti portal akademik universitas, seringakali hanya bisa dibuka atau diakses menjelang pengisian KRS saja atau tidak bisa digunakan setiap saat.

c)                 Kurangnya panduan untuk menggunakan layanan SIAKAD Online Terkadang mahasiswa mengalami kesulitan untuk menggunakan portal akademik karena tidak ada petunjuk atau panduan untuk menggunakannya, terlebih bagi mahasiswa baru.

d)                Bayar lunas di datanya belum lunas yang sering di keluhkan mahasiswa.

e)                 Mengurus krs tidak bisa dilakukan lewat siakad saja harus kekampus untuk mengeprof datanya baru bisa bayar dan harus tanda tangan ke dosen wali juga.

v    Kelemahan siakad menurut dosen;

Ø tidak bisa melebihi 40 mahasiswa dalam  menentukan kelas bila ada pindahan dari kelas lain siakad itu tidak bisa mengunci kareana batas maksimal kelas 40 di sistem siakad.( dr. rudy wahyono,se.,mm)

v    kelemahan siakad menurut karyawan unmer;

Ø sering terjadi ke eroran sistem siakad( mbk april )

v    kelemahan siakad menurut mahasiswa;

Ø sistem siakad sulit dipahami oleh mahasiswa baru

( rizal eko )




0 komentar:

Posting Komentar