TUGAS SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN
APLIKASI ONLINE
TRAVELOKA
Di susun oleh:
Nama : Christovel Glorio Sude
NPK : 14220063
PRODI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERDEKA MALANG
TAHUN 2017
I.
Diskripsi
Singkap Traveloka
A.
Sejarah Traveloka
Perusahaan
didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada
awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan
harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013
Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana
pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014,
Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi
kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs
Traveloka.
B.
Investasi Traveloka
Pada bulan November 2012 perusahaan
Traveloka mengumumkan investasi tahap awal oleh East Venture. Pada bulan
September 2013 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi seri A oleh Global
Founders Capital. Dana dari investasi digunakan untuk membangun layanan baru
seperti pemesanan hotel dan paket wisata.
C. Pendiri Traveloka
(Owner)
Para
pendiri Traveloka adalah para praktisi teknologi informasi yang kembali dari Amerika
Serikat ke Indonesia antara lain :
Derianto Kusuma,
lulusan Universitas Stanford, sebelumnya bekerja sebagai software engineer senior
LinkedIn di Silicon Valley.
Ferry Unardi,
lulusan Sekolah Bisnis Universitas Harvard yang sebelumnya bekerja untuk
Microsoft.
II.
Strategy
yang di gunakan oleh Traveloka.com (Infrastruktur)
A.
Pengaturan
lalu lintas udara berbasis jaringan
Dalam
beberapa tahun terakhir, comScore, sebuah perusahaan yang menyediakan data dan
analisis pasar asal Amerika Serikat mengkonfirmasi bahwa Traveloka berada di
peringkat pertama untuk layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat, di luar
situs resmi tiap maskapai. Lanskap agensi travel online di Indonesia memang
bisa dibilang masih relatif kecil. Namun, pertumbuhan terus terjadi, karena 10 persen
dari total penjualan tiket pesawat pada tahun 2013 dilakukan secara online.
Di
tahun yang sama, total pendapatan dari pemesanan travel di Indonesia mencapai
USD10,5 miliar (Rp136 triliun), menurut sebuah laporan studi dari Phocuswright
yang berjudul Indonesia Online Travel Overview: Arrived With a Bang, Brace for
the Boom. Menyinggung tentang gambaran industri travel, Euromonitor mengatakan
bahwa pertumbuhan pengguna aplikasi mobile dan jumlah pelanggan paket data
internet juga menjadi penyebab pesatnya penetrasi transaksi mobile, yang mana
juga dimanfaatkan oleh situs pemesanan tiket pesawat seperti Traveloka,
kompetitor terdekatanya Tiket, dan pemain lain seperti PegiPegi dan Wego.
Ferry
Unardi, Co-Founder dan CEO Traveloka mengatakan bahwa perusahaannya sekarang
memiliki lebih dari 270 karyawan, meningkat dari 120 karyawan pada bulan
September tahun lalu. Pada bulan Maret, SimilarWeb mencatat bahwa jumlah
pengunjung yang mengakses Traveloka melalui desktop diestimasi mencapai 3,95
juta kunjungan. Sebuah angka yang sangat impresif, tapi masih kalah jauh dengan
estimasi seharusnya pada bulan Desember — saat perjalanan penerbangan sedang
ramai-ramainya — yang mana ada sekitar 5,45 juta pengguna yang mengakses
melalui desktop. Sebaliknya, kompetitor terdekat Traveloka, yaitu Tiket hanya
memperoleh sekitar 1,95 juta kunjungan melalui desktop pada bulan yang sama.
Kembali
ke bulan November, Traveloka mengklaim bahwa ia memperoleh sekitar 250.000
kunjungan setiap hari. Apabila data itu memang benar, artinya jumlah pengunjung
Traveloka yang mengakses melalui desktop dan mobile bisa mencapai 7,5 juta
kunjungan setiap bulan.
B.
Campur
tangan Samwer bersaudara
Traveloka
telah memperoleh dua kali pendanaan sejauh ini. Pendanaan pertama yang tidak
disebutkan jumlahnya berasal dari East Ventures 1 pada tahun 2012. Tahap kedua
datang sekitar setahun kemudian saat Samwer bersaudara dari Rocket Internet
memberikan investasi seri A ke Traveloka melalui Global Founder Capital (GFC).
Industri
travel merupakan fokus utama GFC, dan Samwer bersaudara juga sempat memberi
pendanaan ke situs agensi travel online TravelBird, situs pencarian tiket
pesawat asal Brazil Voopter, dan Trivago, situs pencarian layanan hotel. Pada
tahun 2013, Expedia membeli sebagian besar saham Trivago senilai USD632 (Rp8,2
triliun), sehingga membuat perusahaan tersebut memiliki nilai valuasi lebih dari
USD 1miliar (Rp13 triliun).
Rocket
Internet tidak memiliki startup yang bergerak di ranah pemesanan hotel dan
tiket pesawat di Indonesia. Tapi Traveloka muncul menjadi salah satu daftar
portofolio perusahaan mereka, meskipun secara terpisah didanai oleh GFC. Hal
ini dikarenakan Rocket Internet biasanya tidak berinvestasi di perusahaan baru
yang masih berada dalam fase penjajakan.
Keterlibatan
Samwer bersaudara di Traveloka menjadi signifikan karena hal ini adalah
pertanda kuat bila Rocket Internet telah melewatkan sektor travel di Indonesia.
Dengan memiliki saham di perusahaan tiket online yang paling menjanjikan
se-tanah air, Rocket Internet sadar mereka bisa ikut bermain apabila waktunya
sudah tepat. Jika saat itu tiba, Traveloka mungkin sudah menguasai pasar travel
di Indonesia dan mereka bisa jadi mepertimbangkan untuk mengakuisisi perusahan
tersebut.
C.
Kondisi
dan waktu yang tepat
Traveloka
diluncurkan pada tahun 2012. Kami sempat menulis kisah inspiratif dari Ferry
dalam memulai startup, tapi mungkin kami tidak mengulas lebih dalam tentang
bagaimana Traveloka memanfaatkan momen yang tepat untuk meluncurkan layanan
pemesanan tiket pesawat di Indonesia.
Pada
tahun 2013, di tanah air terjadi ledakan bisnis travel. Saat itu, pendapatan
ekonomi nasional mencapai USD1 triliun (Rp13 kuadriliun), dengan pertumbuhan
tahunan sebesar 6 persen. Di tahun yang sama, maskapai lokal Lion Air
mengeluarkan dana USD46 miliar (Rp598 miliar) untuk membeli 464 pesawat baru.
Berdasarkan
laporan Phocuswright, pasar travel di tanah air masih memiliki banyak peluang,
tapi ada permasalahan ekonomi makro yang bisa menghalangi pertumbuhan tersebut.
Pendapatan nasional memang mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun
2013, namun itu merupakan pertumbuhan kecil setelah krisis finansial global di
tahun 2008. Bagaimanapun, pada saat itu Indonesia tetap menjadi negara dengan
pertumbuhan ekonomi paling cepat di Asia setelah China. Namun, dampak dari
peningkatan pajak, dan harga pokok membuat minat masyarakat untuk travellingdi
tahun ini kembali turun.
D.
Model
e-commerce sederhana dengan banyak permintaan dan tingkat transaksi tinggi
Penjualan
tiket secara online merupakan salah satu model bisnis e-commerce yang elegan.
Traveloka sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C),
dimana rata-rata transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak memerlukan
saham atau menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka bisa dengan
mudah terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri e-commerce di Asia
Tenggara. Tiket pesawat bukan lagi termasuk barang mewah, tapi menjadi medium
yang mempermudah urusan bisnsi di era modern seperti sekarang.
Industri
travel bisa diprediksi kapan sepi dan kapan ramai, yang berarti sang Founder
tahu kapan waktu untuk bersantai atau bekerja keras, berkembang atau tetap
ramping, meneruskan rencana atau memilih untuk pivot. Sebagaimana e-commerce
terus menjadi ranah yang paling panas di tanah air, dan tentunya di Asia
Tenggara, Traveloka berada di posisi yang tepat untuk terus mendapat keuntungan
besar dan terhindar dari permasalahan yang dihadapi pemain e-commerce di ranah
lainnya. Alasan inilah yang membuat Traveloka memiliki kesempatan kuat untuk
menjadi startup Indonesia bernilai triliunan Rupiah selain Tokopedia.
III.
Sofware
atau Aplikasi (Sumber Daya Informasi )
A. Harga
Awal = Harga FINAL Jaminan harga terbaik!
Semua
harga awal sudah termasuk pajak dan biaya lainnya. Jika menemukan harga lebih
murah di situs lain, klaim dan kami akan mengganti selisihnya hingga Rp200.000.
Pelajari sekarang
Pesan,
bayar, dapat e-tiket/voucher hotel hanya dalam hitungan detik!
Dengan fitur 1-click booking TravelokaQuick, Anda dapat pesan, bayar dan memperoleh e-tiket atau voucher hotel dalam hitungan detik! Kemudahan booking ini ada dalam genggaman Anda.
Dengan fitur 1-click booking TravelokaQuick, Anda dapat pesan, bayar dan memperoleh e-tiket atau voucher hotel dalam hitungan detik! Kemudahan booking ini ada dalam genggaman Anda.
B.
Smart
Combo! Hemat hingga 40% ke luar negeri
Pesan
tiket pulang pergi (PP) dengan maskapai yang sama bertanda Smart Combo via
Traveloka App dan hemat hingga 40%!
C.
Tak
perlu print e-tiket/ voucher hotel lagi!
Tunjukkan
e-tiket/voucher hotel via Traveloka App dari smartphone Anda saat check-in.
Data pemesanan via app dapat dicek kapanpun bahkan tanpa koneksi internet.
Pilihan terlengkap airlines dan hotel 18.000+ rute dengan pilihan lengkap maskapai domestik dan internasional serta 15.000+ hotel terbaik dan hotel budget hingga hotel bintang 5.
Pilihan terlengkap airlines dan hotel 18.000+ rute dengan pilihan lengkap maskapai domestik dan internasional serta 15.000+ hotel terbaik dan hotel budget hingga hotel bintang 5.
D.
Airline
di Traveloka
Lion
Air, Thai Lion Air, AirAsia, AirAsia X, Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya
Air, Jetstar, Wings Air, Xpress Air, Tigerair, Batik Air, Malindo Air, Kalstar
Aviation, Trigana Air, NAM Air, Firefly, Aviastar Mandiri, Malaysia Airlines,
Lufthansa, Thai Airways, KLM, Emirates, Etihad Airways, Bangkok Airways,
Vietnam Airlines, Cathay Pacific, Air France, dll.
E.
Hotel
di Traveloka
Hotel,
favehotel, Tune Hotel, ibis, Novotel, Aston, Best Western, Whiz, Amaris,
Santika, Fragrance Hotel, Mariott, dll.
F.
Lihat
data booking dari berbagai perangkat
Hanya
perlu log in, Anda dapat melihat semua detail pesanan dari manapun.
E-tiket/voucher hotel tersinkronisasi otomatis, Anda tak perlu khawatir kehilangan data booking.
E-tiket/voucher hotel tersinkronisasi otomatis, Anda tak perlu khawatir kehilangan data booking.
IV.
Sumber
Daya Manusia
Setiap
perusahaan mempunyai struktur organisasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan
dan jenis usaha yang dijalankan. struktur organisasi dalam suatu perusahaan
memiliki peranan yang penting dalam menjalankan aktivitas perusahaan, karena
dengan adanya struktur organisasi yang baik maka fungsi- fungsi manajemen dapat
dijalankan dengan baik, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan
visi dan misi.
|
|
|
|
|
|
|
Struktur organisasi perusahaan berguna untuk mengetahui tugas, tanggung jawab dan wewenang setiap unit kerja, maka setiap divisi harus benar-benar berkompen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. berikut ini merupakan struktur organisasi tour & travel Struktur Perusahaan Traveloka.Com
Berdasarkan
bagan struktur organisasi dari Travel ANTARA, maka tanggung jawab dan wewenang
masing- masing jabatan dapat diuraikan sebagai berikut :
A.
President
Direktur
Memutuskan
dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan. Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan. Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
B.
General
Managar
Mengawasi
dan menjalankan kegiatan perusahaan deengan anggaran yang dimiliki.
Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.
Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.
C.
Managare
Acciunting
Membuat laporan keuangan. Mengatur alur kas
D.
Managare Marketing
Menjalin
relasi dengan konsumen. Memimbing dan membina karyawan di bagian pemasaran Melakukan
planing dan analisis pemasaran.
E.
Managare Personalia
Membantu
General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusaan.
Melayani dalam proses perekrutan Mengawasi dan evaluasi kinerja.
Melayani dalam proses perekrutan Mengawasi dan evaluasi kinerja.
F.
Sales
Tour And Travel
Melayani
feedback konsumen. Memantau kompetitor. Menawarkan dan mempromosikan produk dan
jasa kepada konsumen Menjual produk dan jasa Parawisata
G.
Ticketing
Menjaga
dan memantau stock. Menjalankan segalah kegiatan yang berkaitan dengan
transaksi penjualan tiket..
H.
Masenger
Memproses data dan pengriman tiket.Bekerjasama dengan ticketing.
Memproses data dan pengriman tiket.Bekerjasama dengan ticketing.
V.
Sumber
Daya IT Traveloka.com
Dari flowchart di atas perusahaan membaginya dalam tiga bagian yang mana secarah vertikal sebagai berikut :
User : Customer, data user, data id,
tiket, cetak transasksi
Admin :Input, database, pemrosesan, cetak
laporan, penerimaan kas.
Marketing : Multi laporan, pengembangan usaha.
A.
Cara
pembayaran via kartu debit
Silakan
masuk pada situs resmi maskapai penerbangan atau agen travel ANTARA untuk
melakukan booking tiket.Untuk meluaskan jaringan maka perusahaan kami bekerja
sama dengan perusahaan TRAVELOKA untuk mempermudah pemesanan tiket online.
setalah
anda mendapatkan daftar haraga dan anam maskapai atau travel dengan jam
keberangkatan, klik "pesan" pada maskapai yang dipilih.
Setelah
anda mengkilik tombol pesan dilanjutkan dengan pengisisan form id.Pastikan info
id terisi dengan lengkap.
Jika no kontak sudah anda isi dengan benar maka tahap selanjutnya membayar.Dengan menggunakan kartu kredit.
Penjelasan struktur pengembangan usaha :
Diagram
diatas menjelaskan pengembangan usaha yang dilakukan.yang mana sistem ini
memudahkan costumer ketika berkunjung pada Traveloka. Sistem ini merupakan
hasil kerja sama dengan Traveloka dengan tahapan sebagai berikut
B.
Menginput
data CS.
Data diproses Feed back dikirim ke CS. Data diproses bagian reservasi dan dikelola sebagai bukti kas.
VI. Kelemahan Treveloka
Traveloka
menawarkan tiket murah untuk semua penerbangan. Sesungguhnya itu tak selalu
benar. Pasalnya, info tiket yg terpampang di laman web Travel tersebut tidak
selalu update dengan maskapai lainnya. Sehingga kerap kali pelanggan
dikecewakan dengan perubahan harga yg tiba-tiba.
Contoh
kasus yg saya baru alami adalah ketika hendak mencari penerbangan utk tanggal 5
Agustus dan kepulangan tanggal 8 Agustus 2016 via Garuda Airlines. Semula total
harga yang terlihat di awal adalah Rp 1.226.700. lalu dengan alasan sistem
maskapai harga berubah menjadi 1.303.493. berapapun selisih dari kedua harga
tersebut sudah membuat saya kecewa.
Sama
seperti juga pada pembookingan hotel pada treveloka, dimana pada pemesanan
hotel yang murah sering kali apa yang terdapat pada gambar hotel di aplikasi
bereda dengan yang sebenarnya, dan pada pembookingan hotel di luar Indonesia, traveloka hanya memiliki sedikit pilihan
kamar hotel di luar Indonesia.
VII.
Kelemahan ( Wawancara)
PAK FIKRI (DOSEN)
• Waktu
pembayaran dalam pembelian tiket sangat kurang, biasaya hal ini di alami oleh
orang yang sangat sibuk sehingga kadang-kadang tiketnya hangus.
• Update
sisa room hotel kadang terlambat, karena keterlambatan tersebut mengharuskan
kita untuk mencari ulang room hotel yang lain.
• Nota
pembayaran yang ada pada hotel biasanya tidak diberikan bagi pengguna aplikasi
Traveloka yang telah menginap di hotel tersebut.
MBAK
WIDYA (KARYIAWAN)
Pada pemesanan tiket, khusus pada pemesanan tiket kereta api,
biasanya hanya memberikan pelayanan pada kelas bisnis ke atas.
Rembo
(Mahasiswa)
Pembukaan aplikasi Traveloka pada saat mudik atau
adanya musim liburan, aplikasi kadang mengalami error. Ini dikarenakan pengguna
aplikasi Traveloka pada saat itu banyak dan membuat aplikasi tersebut error.
0 komentar:
Posting Komentar