TUGAS
SISTEM
INFORMASI MANAGEMEN
“
APLIKASI BERBASIS ONLINE (GO-JEK) ”
Disusun
Oleh:
RISZAL
EKO ARYANTO (14220086)
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERDEKA MALANG
APLIKADSI BERBASIS ONLINE (GO-JEK)
Sejarah
Berdirinya Gojek
GO-JEK merupakan
perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek.
GO-JEK bekerjasama dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta,
Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang,
pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
GoJek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai
social enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi
informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen GoJek menerapkan
sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di
bawah naungan GoJek dan tersebar di Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80%
penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan.
GoJEK perusahaan
yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan
transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui
jasa ojek melalui aplikasi yang dengan teknologi location based akan mencarikan
driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan.
1.
Statistik
a)
Jumlah Pengunjung
Pada Januari
2015 lalu, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 32.360 kali. Dari jumlah
tersebut, 17.582 unduhan diantaranya berasal dari pengguna Android, sedangkan
sisanya berasal dari pengguna iOS. Bulan berikutnya unduhan semakin meningkat.
Pada Februari
total unduhan mencapai 81.843 kali. Dari jumlah tersebut 50.106 pengunduh
diketahui menggunakan handset berbasis Android, sedangkan sisanya mengunduh
dengan perangkat berplatform milik Apple. Memasuki bulan ketiga, jumlahnya
terus meroket.
Pada Maret
lalu, unduhan Gojek diketahui sudah menembus 131.795 kali. Seperti bulan
sebelumnya, unduhan yang lebih banyak dilakukan melalui sistem operasi besutan
Google. secara rinci unduhan melalui Android mencapai 81.893, sedangkan sisanya
menggunakan iOS.
Sementara itu,
jumlah tukang ojek yang sudah tergabung dengan Gojek mencapai 3.700 orang pada
pekan terakhir Maret lalu. Jumlah tersebut terbilang meroket cukup drastis.
Pasalnya, pada Januari lalu tukang ojek yang bergabung baru 700 orang.
b)
Omset
Omset atau
penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta
hingga Rp 6 juta perbulan. Sistemnya adalah bagi hasil, yakni 80% dari total
penghasilan masuk kantong pengojek dan 20%
sisanya untuk perusahaan gojek itu sendiri (Kompas.com).
2. Bidang
Usaha
GO-JEK merupakan bergerak dibidang usaha yang meberikan pelayanan terhadap
pelanggan atau pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggannya sampai
dengan mengntarkan barang baik skala kecil maupun besar, dan juga menyediakan
jasa pemesanan makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan oleh gojek.
3. Jasa
Yang Di Tawarkan
Gojek menawarkan 8 jasa layanan yang
bisa dimanfaatkan oleh pelanggan, yaitu:
1)
GO-BOX
Merupakan layanan yang baru di launching
pada bulan Oktober ini yang melayani untuk memesan mobil pickup, mobil boks,
truk engkel dan truk engkel boks untuk antar dan kirim barang dalam jumlah
besar.
2)
GO-SEND
Merupakan layanan pengiriman barang
layaknya JNE, akan tetapi waktu pengiriman lebih cepat
tidak membutuhkan waktu yang lama.
3)
GO-RIDE
Merupakan layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana
saja sesuai alamat yang dituju.
4)
GO-FOOD
Adalah salah satu fitur dalam aplikasi
GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar
makanan.
5)
GO-MART
Adalah layanan terbaru dari GO-JEK,
diciptakan untuk memberikan kemudahan berbelanja dari aplikasi ponsel,
dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko dengan puluhan ribu produk,
sehingga akan lebih praktis dan
kemudahan berbelanja.
6)
GO-CLEAN
Merupakn jasa atau pelayanan
bersih-bersih baik itu untuk membersihkan rumah atau kantor atau yang lainnya.
7)
GO-GLAM
Merupakan jasa layanan salon, yang memberikan kemudahan unutuk
melakukan perawatan kecantikan dan lain sebaginya.
8)
GO-MASSAGE
Merupakan layanan untuk memesan tukang
pijat.
9)
GO-BUSWAY
Merupakan layanan
jasa gojek untuk membantu para calon penumpang busway Transjakarta dalam
mencari/melihat halte-halte busway + rute, dan juga solusi pengantar calon
penumpang busway dari lokasi dia berada menuju halte yang diinginkan.
4. Keunggulan dan
Kelemahan
a) Keunggulan
Beberapa kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :
1. Aman, karena setiap driver dan
konsumen Go-Jek harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sehingga jika
terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat dilacak dengan mudah.
2. Transparan, karena ojek Go-Jek
menggunakan argometer dan katanya bisa cetak slip bukti juga.
Perusahaan
Go-Jek juga menyadari bahwa masyarakat saat ini menginginkan segala sesuatu
yang serba mudah. Mau makan tapi malas keluar, mau mengantar dokumen tapi malas
keluar. mereka pun menambahkan jasa Go-Jek bukan hanya sekedar untuk mengantar
orang tapi juga mengantar barang atau pesanan orang. Semua terkordinir kedalam
satu sistem aplikasi sehingga membuat segalanya menjadi efektif dan efisien.
3. Efektif serta efisien bagi konsumen
maupun driver.
Ketenaran Go-Jek
pun menyulut rasa iri dan benci Organda dan pemerintah yang mengatakan Go-Jek
sudah merusak sistem transportasi. Karena menurut Undang-Undang, ojek adalah
moda transportasi ilegal. Berdasarkan Undang-Undang, suatu moda transportasi
angkutan publik itu minimal harus beroda tiga. Karena ojek tidak diatur dalam
Undang-Undang, sehingga tidak aturan tentang pajak yang wajib dikeluarkan.
4. Dari sisi perusahaan, tidak perlu
mengeluarkan biaya lebih untuk membayar pajak
5. Dari sisi driver, mendapatkan bagi hasil 80% dari
penghasilan kotor. Karena itulah mengapa driver Go-Jek dapat berpenghasilan
besih kurang lebih 6-8 juta per bulan. Hal tersebut membuat banyak orang, baik
yang sudah bekerja baik yang pengangguran berbondong-bondong mendaftar untuk
dapat menjadi driver Go-Jek.
6. Menciptakan lapangan pekerjaan
dengan penghasilan yang menggiurkan untuk mereka yang memiliki motor.
b) Kelemahan
1. Karena tidak adanya Undang-Undang yang mengatur
praktik per-ojekan, maka tidak ada pajak yang harus dibayarkan. Pajak yang
dimaksud berupa pajak mendirikan usaha. Dengan tidak adanya pajak tersebut, biaya
masuk industri menjadi cost-less sehingga dapat merangsang para
pesaing untuk masuk kedalam bisnis yang sama. Bisa dikatakan barriers of
entry nya kecil. Pemain baru yang menyadari hal ini pun sudah mulai
berdatangan, sebut saja Blu-Ojek dan yang lainnya.
2. Kekurangan kedua adalah masalah privasi.
Di portal berita online disebutkan ada konsumen Go-Jek yang diteror oleh Driver
karena konsumen tersebut memberikan review atau testimoni yang buruk kepada
driver yang bersangkutan. Teror tersebut bisa saja berubah menjadi kenyataan
karena driver Go-Jek yang bersangkutan sudah mengetahui nomor handphone serta
alamat rumah konsumen yang memesan tadi.
3. Jaringan
sering bermasalah
Karena ini berupa aplikasi online
maka besar kemungkinan akan ada gangguan dari sistem jaringan. So, jika sedang
ada bermasalah di sistem jaringan, baik konsumen maupun bagi driver tidak bisa
berbuat banyak hingga jaringannya benar-benar telah benar.
Persepsi Dosen, Karyawan dan Mahasiswa UNMER Malang
terhadap Keunggulan dan Kelebihan Aplikasi Go-Jek.
1.
Persepsi Dosen (Maulid
agung triono,SE.,MM)
Kelemahan
:
-
Server Gojek yang sering tidak stabil di karenakan banyaknya permintaan
pelanggan
-
Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan Gojek
-
Biasanya ada driver yang nakal yang memberikan harga tidak sesui dengan harga
yang tercantum di aplikasi
2. Persepsi
Karyawan (Lutfi khoirudin)
Kelemahan
:
-
Standart pelayanan tidak lagi standart, belakangan ini pengemudi Gojek sudah
tidak lagi sigap menawarkan masker dan cover kepala Padahal di aplikasinya masih
jelas tertulis bahwa hal tersebut merupakan bagian dari layanan ojek online
-
Ketika
sudah di atas motor tukang ojek online ini, maka kita akan diantarkan ke titik
lokasi sesuai yang kita pesan di aplikasinya. Kalau di tengah jalan ada
perubahan rencana, maka kita tidak bisa secara serta merta meminta sang
pengemudi untuk merubah arah tujuan
-
Untuk
masalah kedisiplinan, para driver Gojek sering terlihat nggak memakai seragam,
sehingga kita sering bingung
3. Persepsi
Mahasiswa (Heru andre setiawan)
Kelemahan :
-
Pengemudi Gojek tidak semuanya tahu jalan karena mereka Cuma mengandalkan
aplikasi Google map
-
Harga bisa saja sangat mungkin berubah, Hal ini karena kelangkaan jumlah transportasi
yang ada di suatu area dibandingkan jumlah penumpang di area tersebut
-
Pesan Gojek, bisa jadi gagal, bahkan sering saya
alami aplikasi error Order ganda 2 ojek sekaligus jemput bisa terjadi
0 komentar:
Posting Komentar