Senin, 15 Januari 2018

GO-JEK




TUGAS

SISTEM INFORMASI MANAGEMEN

“ APLIKASI BERBASIS ONLINE (GO-JEK)






Disusun Oleh:



RISZAL EKO ARYANTO (14220086)





FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS MERDEKA MALANG







APLIKADSI BERBASIS ONLINE (GO-JEK)



Sejarah Berdirinya Gojek

GO-JEK  merupakan perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. GO-JEK bekerjasama  dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.

GoJek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai social enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen GoJek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan GoJek dan tersebar di Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan.

GoJEK perusahaan yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek melalui aplikasi yang dengan teknologi location based akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan.



1. Statistik

a)      Jumlah Pengunjung

Pada Januari 2015 lalu, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 32.360 kali. Dari jumlah tersebut, 17.582 unduhan diantaranya berasal dari pengguna Android, sedangkan sisanya berasal dari pengguna iOS. Bulan berikutnya unduhan semakin meningkat.

Pada Februari total unduhan mencapai 81.843 kali. Dari jumlah tersebut 50.106 pengunduh diketahui menggunakan handset berbasis Android, sedangkan sisanya mengunduh dengan perangkat berplatform milik Apple. Memasuki bulan ketiga, jumlahnya terus meroket.

Pada Maret lalu, unduhan Gojek diketahui sudah menembus 131.795 kali. Seperti bulan sebelumnya, unduhan yang lebih banyak dilakukan melalui sistem operasi besutan Google. secara rinci unduhan melalui Android mencapai 81.893, sedangkan sisanya menggunakan iOS.

Sementara itu, jumlah tukang ojek yang sudah tergabung dengan Gojek mencapai 3.700 orang pada pekan terakhir Maret lalu. Jumlah tersebut terbilang meroket cukup drastis. Pasalnya, pada Januari lalu tukang ojek yang bergabung baru 700 orang.

b)      Omset

Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan. Sistemnya adalah bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan masuk kantong pengojek dan 20%  sisanya untuk perusahaan gojek itu sendiri (Kompas.com).



2.  Bidang Usaha

GO-JEK merupakan bergerak dibidang usaha yang meberikan pelayanan terhadap pelanggan atau pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggannya sampai dengan mengntarkan barang baik skala kecil maupun besar, dan juga menyediakan jasa pemesanan makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan oleh gojek.



3.  Jasa Yang Di Tawarkan

      Gojek menawarkan 8 jasa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan, yaitu:

1)      GO-BOX

Merupakan layanan yang baru di launching pada bulan Oktober ini yang melayani untuk memesan mobil pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel boks untuk antar dan kirim barang dalam jumlah besar.

2)      GO-SEND

Merupakan layanan pengiriman barang layaknya JNE,  akan tetapi waktu pengiriman lebih cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.

3)      GO-RIDE

Merupakan layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat yang dituju.

4)      GO-FOOD

Adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar makanan.

5)      GO-MART

Adalah layanan terbaru dari GO-JEK, diciptakan untuk memberikan kemudahan berbelanja dari aplikasi ponsel, dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko dengan puluhan ribu produk, sehingga akan lebih  praktis dan kemudahan berbelanja.

6)      GO-CLEAN

Merupakn jasa atau pelayanan bersih-bersih baik itu untuk membersihkan rumah atau kantor atau yang lainnya.

7)      GO-GLAM

Merupakan jasa  layanan salon, yang memberikan kemudahan unutuk melakukan perawatan kecantikan dan lain sebaginya.

8)      GO-MASSAGE

Merupakan layanan untuk memesan tukang pijat.

9)      GO-BUSWAY

Merupakan layanan jasa gojek untuk membantu para calon penumpang busway Transjakarta dalam mencari/melihat halte-halte busway + rute, dan juga solusi pengantar calon penumpang busway dari lokasi dia berada menuju halte yang diinginkan.



4. Keunggulan dan Kelemahan

a)   Keunggulan

Beberapa kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :

1. Aman, karena setiap driver dan konsumen Go-Jek harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat dilacak dengan mudah.

2. Transparan, karena ojek Go-Jek menggunakan argometer dan katanya bisa cetak slip bukti juga.

   Perusahaan Go-Jek juga menyadari bahwa masyarakat saat ini menginginkan segala sesuatu yang serba mudah. Mau makan tapi malas keluar, mau mengantar dokumen tapi malas keluar. mereka pun menambahkan jasa Go-Jek bukan hanya sekedar untuk mengantar orang tapi juga mengantar barang atau pesanan orang. Semua terkordinir kedalam satu sistem aplikasi sehingga membuat segalanya menjadi efektif dan efisien.

3. Efektif serta efisien bagi konsumen maupun driver.

   Ketenaran Go-Jek pun menyulut rasa iri dan benci Organda dan pemerintah yang mengatakan Go-Jek sudah merusak sistem transportasi. Karena menurut Undang-Undang, ojek adalah moda transportasi ilegal. Berdasarkan Undang-Undang, suatu moda transportasi angkutan publik itu minimal harus beroda tiga. Karena ojek tidak diatur dalam Undang-Undang, sehingga tidak aturan tentang pajak yang wajib dikeluarkan.

4. Dari sisi perusahaan, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar pajak

5. Dari sisi driver, mendapatkan bagi hasil 80% dari penghasilan kotor. Karena itulah mengapa driver Go-Jek dapat berpenghasilan besih kurang lebih 6-8 juta per bulan. Hal tersebut membuat banyak orang, baik yang sudah bekerja baik yang pengangguran berbondong-bondong mendaftar untuk dapat menjadi driver Go-Jek.

6. Menciptakan lapangan pekerjaan dengan penghasilan yang menggiurkan untuk mereka yang memiliki motor.

b)   Kelemahan

1. Karena tidak adanya Undang-Undang yang mengatur praktik per-ojekan, maka tidak ada pajak yang harus dibayarkan. Pajak yang dimaksud berupa pajak mendirikan usaha. Dengan tidak adanya pajak tersebut, biaya masuk industri menjadi cost-less sehingga dapat merangsang para pesaing untuk masuk kedalam bisnis yang sama. Bisa dikatakan barriers of entry nya kecil. Pemain baru yang menyadari hal ini pun sudah mulai berdatangan, sebut saja Blu-Ojek dan yang lainnya.

2. Kekurangan kedua adalah masalah privasi. Di portal berita online disebutkan ada konsumen Go-Jek yang diteror oleh Driver karena konsumen tersebut memberikan review atau testimoni yang buruk kepada driver yang bersangkutan. Teror tersebut bisa saja berubah menjadi kenyataan karena driver Go-Jek yang bersangkutan sudah mengetahui nomor handphone serta alamat rumah konsumen yang memesan tadi.





3. Jaringan sering bermasalah

Karena ini berupa aplikasi online maka besar kemungkinan akan ada gangguan dari sistem jaringan. So, jika sedang ada bermasalah di sistem jaringan, baik konsumen maupun bagi driver tidak bisa berbuat banyak hingga jaringannya benar-benar telah benar.



Persepsi Dosen, Karyawan dan Mahasiswa UNMER Malang terhadap Keunggulan dan Kelebihan Aplikasi Go-Jek.

1.      Persepsi Dosen (Maulid agung triono,SE.,MM)

Kelemahan :

- Server Gojek yang sering tidak stabil di karenakan banyaknya permintaan pelanggan

- Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan Gojek

- Biasanya ada driver yang nakal yang memberikan harga tidak sesui dengan harga yang tercantum di aplikasi



2.   Persepsi Karyawan (Lutfi khoirudin)

      Kelemahan :

- Standart pelayanan tidak lagi standart, belakangan ini pengemudi Gojek sudah tidak lagi sigap menawarkan masker dan cover kepala Padahal di aplikasinya masih jelas tertulis bahwa hal tersebut merupakan bagian dari layanan ojek online

- Ketika sudah di atas motor tukang ojek online ini, maka kita akan diantarkan ke titik lokasi sesuai yang kita pesan di aplikasinya. Kalau di tengah jalan ada perubahan rencana, maka kita tidak bisa secara serta merta meminta sang pengemudi untuk merubah arah tujuan

- Untuk masalah kedisiplinan, para driver Gojek sering terlihat nggak memakai seragam, sehingga kita sering bingung



3.   Persepsi Mahasiswa (Heru andre setiawan)

      Kelemahan  :

- Pengemudi Gojek tidak semuanya tahu jalan karena mereka Cuma mengandalkan aplikasi Google map

- Harga bisa saja sangat mungkin berubah, Hal ini karena kelangkaan jumlah transportasi yang ada di suatu area dibandingkan jumlah penumpang di area tersebut

- Pesan  Gojek, bisa jadi gagal, bahkan sering saya alami aplikasi error Order ganda 2 ojek sekaligus jemput bisa terjadi


0 komentar:

Posting Komentar